Maksud Meme Tuman Yang Viral Dan Asalnya

Arti Dan Makna Tuman. Contoh Penggunaan Kata Tuman. Asal Kata Tuman.

Tuman
Ilustrasi: Tuman
Belakangan di media sosial banyak yang mengunggah gambar profil dengan berbagai meme yang mengikutsertakan kata "Tuman".

Tentu kalian sudah pada tahu kan? Itu tuh yang ilustrasinya biasanya menampilkan dua orang yang sedang tersenyum dengan adegan salah satu karakter sedang menampar temannya.

Tapi tahukah kalian apa maksud meme yang belakangan viral ini? Dan bagaimana asal-usulnya sehingga banyak digunakan untuk ungkapan kocak?

Arti Dan Makna Tuman

Kata tuman sendiri berasal dari bahasa jawa, artinya "Kebiasaan" kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Tuman dapat disebutkan dengan berbagai situasi berbeda.

Diucapkan dengan penekanan kata sesuai perasaan yang mengatakannya. Dalam kondisi marah, kesal, jengkel, bercanda, tuman bisa memiliki intonasi yang berbeda-beda.

Contoh Penggunaan Kata Tuman

Misalnya ada seseorang yang suka usil dan bercanda dengan mengerjai temannya. Nah, dalam situasi ini teman yang dikerjai bisa merasa kesal tapi tidak marah karena tahu bahwa temannya hanya iseng dan bermaksud bercanda.

Kemudian dia menampar dengan pelan sambil mengatakan "Tuman". Karena itulah kenapa kedua karakter ini sering kali ditampilkan sedang tersenyum (tertawa) ekspresinya.

Asal Kata Tuman

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Tuman adalah kata yang berasal dari bahasa jawa dan mengandung makna "kebiasaan".

Sering kali tuman ini dikonotasikan untuk kebiasaan jelek atau kebiasaan yang menyebalkan.

Dalam penggunaannya, tuman biasa dipakai untuk mengungkapkan kekesalan dan umumnya mengikuti kalimat yang menyatakan kekesalan atau kejengkelan terhadap kebiasaan buruk yang dilakukan seseorang.

Jadi sekarang kalian sedikit banyak sudah paham lah apa maksudnya tuman, dan dari mana asal kata tuman.

Meme tuman berbahasa jawa itu lebih pas penggunaanya, mengapa?

Karena beberapa meme yang ada dan dibuat dengan bahasa Indonesia masih kurang mengena maknanya. Mungkin si pembuat hanya asal memaksakan kata tuman untuk mengungkapkan sesuatu yang merupakan sifat buruk sepenuhnya.

Padahal sebenarnya kata tuman dalam meme itu paling pas untuk menggambarkan kebiasaan jelek yang masih mengandung unsur kocak dan lucu. Atau lebih tepatnya kebiasaan konyol, itu lebih pas.

Tapi kembali ke artinya, tuman bisa dipakai untuk kondisi lain selain dalam meme.

COMMENTS

BLOGGER: 1
  1. selama ini baru tahu maksud meme tersebut, padahal juga orang jawa wkwkwkw

    BalasHapus

Nama

Biodata,1,Frederik Kiran,1,Gokil,1,Google,1,Kontes,1,Meme,1,PC,1,Thanos,1,Viral,1,Windows,1,
ltr
item
Reyzha-Net: Maksud Meme Tuman Yang Viral Dan Asalnya
Maksud Meme Tuman Yang Viral Dan Asalnya
Arti Dan Makna Tuman. Contoh Penggunaan Kata Tuman. Asal Kata Tuman.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSAmU9P9_VElJMy_0ljlxBT2DH3w72-Nnp4IQF1mXWHvuKIZtgjo9lvJXxm_zltdbjzaFqRDCA-3JIZtYOfTqhyphenhyphenR5rgVE7Pddbv8SHp6KJkcMPQ2w9rqfGm9pTFe63xtOJrs0jI-GF-kI/s640/tuman.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSAmU9P9_VElJMy_0ljlxBT2DH3w72-Nnp4IQF1mXWHvuKIZtgjo9lvJXxm_zltdbjzaFqRDCA-3JIZtYOfTqhyphenhyphenR5rgVE7Pddbv8SHp6KJkcMPQ2w9rqfGm9pTFe63xtOJrs0jI-GF-kI/s72-c/tuman.jpg
Reyzha-Net
https://reyzha-net.blogspot.com/2019/03/apa-maksud-meme-tuman-yang-viral.html
https://reyzha-net.blogspot.com/
https://reyzha-net.blogspot.com/
https://reyzha-net.blogspot.com/2019/03/apa-maksud-meme-tuman-yang-viral.html
true
677417957624071300
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy